GARUT | Tempat Wisata Terpopuler di Garut

Garut merupakan salah satu kota dengan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Terletak tidak begitu jauh dari Bandung, wisata di Garut bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda mengisi liburan. Tempat wisata di Garut cukup beragam, mulai dari wisata air panas, wisata air terjun, wisata gunung, sampai wisata pantai di Garut semuanya tersedia. Akses menuju Garut dari dari Bandung cukup mudah, hanya sekitar 2 jam saja anda sudah bisa sampai. Jika dari Jakarta, anda bisa mencapai garut melalui tol cipularang-cileunyi-nagreg-garut.

  • Candi Cangkuang dan Kampung Pulo
Wisata Candi Cangkuang merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di kota Garut. Candi peninggalan masa Hindu ini terletak di kecamatan Leles dan mudah untuk di akses dari ibu kota jawa barat , Bandung.

Kompleks wisata candi cangkuang terletak ditengah situ (danau kecil) Cangkuang. Selain itu terdapat juga kampung adat tradisional yaitu kampung Pulo . Candi ini diperkirakan di bangun pada abad 8 M dan merupakan peninggalan budaya hindu di jawa barat.
Untuk mencapai candi ini, anda dapat menggunakan jasa penyeberangan rakit yang dapat menampung cukup banyak penumpang . Selain menikmati keindahan alam sekitar yang cukup asri, anda juga bisa berkunjung ke kampung adat pulo yang terletak persis di pinggir candi cangkuang . Anda juga dapat menemukan catatan sejarah pemugaran candi cangkuang dan benda-benda peninggalan zaman hindu dan islam di museum cangkuang .

Satu hal yang menarik, meskipun berasal dari masa Hindu, namun disekitar candi banyak terdapat peninggalan masa islam awal di jawa barat. Selain itu juga terdapat makam eyang embah dalem Arif Muhammad yang terletak persis di pinggir candi . eyang embah dalem Arif Muhammad adalah salah satu penyebar agama silam di jawa barat. Penduduk sekitar situ cangkuang menganggap mereka adalah keturunan langsung dari eyang embah dalem Arif Muhammad .

Transportasi ke Candi Cangkuang

Jika menggunakan transportasi umum , anda dapat mencapai candi cangkuang menggunakan Bis jurusan Garut dari Bandung/Jakarta dan berhenti di alun-alun kecamatan Leles . Dari alun-alun Leles, anda dapat menggunakan andong ataupun jasa ojek yang banyak terdapat disana untuk langsung menuju situ dan candi cangkuang .

Akomodasi

Sarana parkir untuk pengunjung tersedia cukup luas. Selain itu juga terdapat banyak warung/tempat makan. Sarana lain seperti toilet dan Mushala juga sudah tersedia. Di sekitar candi juga terdapat tempat belanja oleh-oleh yang cukup lengkap.

  • Kompleks Wisata Cipanas Garut

Daerah Cipanas garut menawarkan objek wisata air panas. Disini anda bisa menikmati air panas yang bersumber langsung dari gunung api aktif, Gunung guntur. Anda bisa menikmati berendam air panas, berenang, dan juga bermain water boom di berbagai pemandian yang tersedia disana. Terdapat banyak hotel yang bisa jadi pilihan menginap untuk anda di cipanas garut. 

 

  • Kompleks Wisata Darajat Garut 

Puncak Darajat Garut – Objek wisata garut yang saat ini sedang naik daun adalah kawasan wisata
Darajat Garut. Tempat wisata ini cukup banyak dikenal oleh wisatawan lokal dan banyak dijadikan tujuan wisata dan liburan di kabupaten Garut.

Letak area wisata Darajat berada di dataran tinggi, dan masih cukup asri. Anda akan dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian, sekaligus berendam air panas alami disini. Salah satu tempt wisata di area ini yang banyak dikenal adalah Puncak Darajat Garut.

Perlu di ingat jika Darajat merupakan nama kawasan wisata ini, sedangkan Puncak Darajat merupakan nama dari salah satu kolam renang dan pemandian air panas yang tersedia di daerah ini.Kawasan Darajat Garut dikenal sebagai salah satu lokasi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Jawa barat. Saat ini, pengelolaan kawasan ini berada dibawah salah satu anak perusahaan Chevron Texaco, Amoseas Indonesia Inc. Hasil listriknya cukup besar, dan digunakan untuk memenuhi permintaan energi listrik di Jawa-Bali.Salah satu hasil panas bumi disini adalah banyaknya sumber air panas alami. Hal ini kemudian dimanfaatkan sebagai salah satu daya tarik wisata wilayah Darajat Garut. Kolam air panas alami disini cukup bersih dan langsung dari sumbernya. Ketinggian rata-rata daerah ini adalah 1920 dpl, konturnya berbukit-bukit dan banyak dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan.Saat ini banyak bermunculan tempat wisata taman bermain air panas, tempat berendam ataupun villa/penginapan. Udaranya yang segar, dan berada di perbukitan dengan pemandangan yang lepas menjadi daya tarik lainnya dari tempat ini.

Hal Yang Bisa Dilakukan

Di kawasan Darajat Garut, anda bisa berendam dan berenang air panas di berbagai tempat disana. Salah satunya adalah di Puncak Darajat. Konsepnya kebanyakan berupa taman air yang bisa dinikmati bersama keluarga.
Disamping itu, lokasi area ini berada di ketinggian. Bagi anda yang datang saat pagi-sore hari, akan disuguhi dengan pemandangan alam garut yang khas; Jajaran pegunungan tinggi di berbagai sisi dengan dataran kota Garut ditengahnya. Bagi anda yang menginap, suguhan sunrise di area ini layak buat ditunggu.Lokasi kawasan darajat terletak tidak jauh dari tempat wisata lainnya di daerah sini seperti Kampung Sampireun dan juga Kebun Mawar Situ Hapa. Jika waktu luang anda banyak, bisa sekalian berkunjung ke tempat-tempat ini.

Alamat Puncak Darajat Garut

Puncak Darajat merupakan salah satu tempat di area darajat yang paling banyak dikenal oleh wisatawan. Selain tempat ini, terdapat juga tempat lain seperti  Awit sinar darajat, dan lain-lain. Lokasi Puncak Darajat Garut terletak tidak begitu jauh dari pusat kota. Kawasan ini berada di wilayah kecamatan Pasir Wangi, kurang lebih 25 Km dari pusat kota Garut. Menuju lokasi wisata ini cukup mudah kok.. Berkut ini alamat puncak darajat Garut.

Jika anda dari arah Bandung, setelah sampai di bundaran Tarogong Garut, silahkan ambil jalan ke sebelah kanan. Kira-kira 100 meter dari bundaran tarogong terdapat pertigaan dan ambil arah ke kiri. Lalu ambil jalan ke kanan di pertigaan selanjutnya. Area wisata Darajat terletak satu arah dengan Kampung sampireun, jadi akan mudah ditemukan. Papan petunjuk arah pun sudah tersedia sehingga akan memudahkan anda.

Anda cukup ikuti jalan tersebut, dan di pertigaan Panunjuk Samarang, kira-kira 1 KM setelah pertigaan menuju Kampung sampireun, silahkan ambil jalan ke arah kanan (jalan Raya Pasirwangi). Cukup ikuti jalan tersebut, kawasan wisata darajat terletak di ujung dari jalan tersebut.

Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa naik angkutan kota warna putih hijau jurusan Samarang-Garut, dari terminal guntur, dan berhenti di pertigaan Panunjuk. Dari sana disambung dengan angkutan pedesaan warna kuning yang menuju sariwangi. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan Ojek dari pertigaan Panunjuk menuju ke lokasi. 
  • Kampung Sampireun dan Kebun Mawar Situhapa

Masih satu kecamatan dengan Darajat, anda juga bisa menikmati keindahan Kampung sampireun. Kampung sampireun terletak sebelum Darajat, dan menawarkan suasana bermalam dan juga restoran yang unik. Kampung sampireun menjadi salah satu tujuan bulan madu favorit di jawa barat.
Selain itu juga terdapat kebun mawar situhapa yang terletak kurang lebih 1 Km setelah kampung sampireun. Disini anda bisa menikmati kebun mawar yang luas, restoran, dan panorama alam serta udara yang segar. Jika beruntung berkunjung saat mawar sedang mekar, pemandangannya akan indah sekali.
  • Kawah Talaga Bodas

Objek wisata kawah Talaga Bodas merupakan salah satu objek wisata pegunungan yang berada dikabupaten Garut . Objek wisata ini merupakan sebuah danau kecil atau talaga yang terbentuk di bekas kawah gunung Talaga Bodas. Kawahnya sendiri masih mempunyai aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya dan aman dikunjungi.Kawasan ini masih hijau dan rimbun serta berbatasan langsung dengan hutan . Rekan-rekan bisa menemukan suasana yang segar dan pemandangan yang menyegarkan mata di sekitar kawah talaga bodas Garut.Lokasi kawah talaga bodas terletak sekitar 28 KM dari ibu kota Garut dan relatif mudah dijangkau dengan kendaraan roda 2 ataupun 4. Hanya saja saat ini lebih dari setengah jalan menuju ke lokasi dalam kondisi rusak berat. Pastikan kondisi kendaraan anda sehat kalau menuju kesini.

Talaga bodas dalam bahasa indonesia berarti telaga/danau putih. Hal ini karena lokasinya yang memang berupa danau kecil di bekas kawah dengan air belerang yang berwarna putih. Disini masih terdapat aktivitas vulkanik berupa air panas dan belerang.
Selain mengalir ke kawah, air ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air panas dan pengobatan oleh masyarakat sekitar Garut dan Tasik
  • Gunung dan Kawah Papandayan


Kawah dan gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Garut. Tempatnya mudah dicapai, dengan keindahan alam yang keren banget. Disini anda bisa berwisata di kompleks kawah Papandayan, berpetualang sampai ke padang edelweiss tegal alun, berfoto ria di tebing atas, atau bahkan menjemput sunrise di tebing sunrise Papandayan. Jalan menju lokasi juga sudah bagus, tidak seperti dulu yang jelek setelah letusan terakhir papandayan. Tapi, jika akan berkunjung kesini perlu dilihat juga kondisinya apakah sedang ditutup lokasinya atau ngga, karena dalam kondisi cuaca ekstrem kompleks wisata ini kadang ditutup sementara oleh pihak yang berwenang.
  • Curug Sang Hyang Taraje

Curug/air terjun sang hyang taraje terletak di kecamatan pakenjeng garut. Tempatnya cukup jauh dari pusat kota, dan anda akan sedikit berpetualang jika berminat untuk menuju ke lokasi ini. Curug sang hyang taraje merupakan air terjun unik dengan dua air terjun/air terjun kembar dengan volume air yang cukup besar dan juga cukup tinggi. Jika anda tidak keberatan dengan sedikit berpetualang, tempat ini bsia jadi tujuan.

  • Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang

Pantai santolo merupakan salah satu pantai yang paling dikenal di kota Garut. bentang pantainya yang panjang dengan apsir yang halus serta putih jadi daya tarik unik tempat ini.
Selain itu, anda bisa langsung menuju pantai sayang heulang; pantai dengan bentang karang yang luas dan unik. Anda cukup menyeberang sedikit ke pulau santolo, dan di sebelahnay langsung bertemu dengan pantai sayang heulang.
  • Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha sebetulnya hanya merupakan bukit yang menjorok sedikit ke tengah laut. Dari sini anda bisa mendapatkan pemandangan lepas ke laut, dan juga ke sepanjang pantai selatan Garut. Disini tidak terdapat pantai pasir, hanya berupa tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut. Meskipun demikian, pemandangan sunset dan sunrise dari tempat ini keren banget lho..

  •  Pantai Ranca Buaya

Salah satu pantai di Garut dengan pemandangan yang cukup indah dan unik. Pantai ranca buaya berdekatan dengan puncak guha, sehingga bisa anda jadikan satu paket sekaligus. Anda bisa menginap di Rancabuaya untuk menikmati sunset/sunrise di puncak guha.antai-pantai di Garut bisa diakses melalui jalan garut, ataupun melalui jalan jalur selatan misalnya via Bandung-ciwidey-cidaun-rancabuaya-puncak guha-santolo, ataupun via Bandung-Pangalengan-Rancabuaya-puncak guha-santolo.

Semoga info tempat wisata di garut ini bisa jadi ide tambahan bagi anda yang berencana berwisata ria ke Garut. GARUT | Tempat Wisata Terpopuler di Garut


Hosting Unlimited Indonesia