Kota Tempat Liburan Keluarga

POINTRIPS PELUANG BISNIS TERBARU, Seperti sudah di lansir sebelumnya 15 kota di daerah Pulau Sumatra dan sekitarnya, dari 50 Kota tempat Liburan di Indonesia dan layak anda kunjungi, diantaranya ; 


16. Serang

Bagi traveler yang sering bepergian ke Pelabuhan Merak, biasanya akan melewati Kota Serang. Ibukota Banten ini pun menjadi salah satu pilihan kota liburan yang dekat dengan Jakarta.

Cukup banyak objek wisata bersejarah yang bisa dikunjungi di Serang. Ada Keraton Surosowan, Keraton Kaibo, Museum Banten Lama. Buat yang hobi menonton debus, aksi menantang itu juga bisa disaksikan di Serang.

Untuk objek wisata religi, ada Masjid Agung Banteng yang lokasinya di Desa Banten Lama, Kasemen. Masjid ini merupakan situs peninggalan putera Sunan Gunung Jati yang bernama Sultan Maulana Hasanuddin. Di sini juga terdapat makam keluarga Kesultanan Banten.


17. Jakarta

Jakarta memang dikenal macet dan sumpek. Tapi di balik semua itu ada berbagai tempat wisata menarik yang bisa membuat liburan terasa menyenangkan. Waktu seharian pun rasanya masih kurang untuk mengeksplor tempat wisata di Jakarta.

Mulai dari landmark kota seperti Monas dan Bundaran HI, sampai Kebun Binatang Ragunan yang mudah dijangkau naik bus TransJakarta, semuanya asyik dikunjungi ketika liburan di ibukota. Menikmati budaya Betawi juga bisa karena ada kampung Betawi Setu Babakan.

Bagi traveler yang hobi belanja, Jakarta juga menjadi tujuan liburan yang tepat. Aneka pusat perbelanjaan dari yang tradisional hingga mewah tersedia di sini. Di waktu-waktu tertentu pun akan ada banyak diskon menggiurkan di berbagai mal.


18. Kepulauan Seribu

Bosan dengan kehidupan perkotaan? Saatnya mendekatkan diri ke alam. Kabupaten Kepulauan Seribu dengan lebih dari 100 pulau di wilayahnya, menawarkan pengalaman wisata bahari yang tidak terlupakan.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, contohnya island hopping, kemping, snorkeling, menyelam, memancing atau sekadar berenang santai di tepi pantai. Untuk menyelam, ada sekitar 26 titik selam yang bisa dicoba.

Pemandangan ketika matahari tertib dan terbenam juga menjadi daya tarik wisata di Kepulauan Seribu. Traveler yang berlibur ke Pulau Harapan misalnya, banyak sudah bangun sebelum fajar agar tidak melewatkan indahnya momen sunrise.

19. Bogor

Bogor mempunyai banyak pilihan tempat liburan bersama teman atau keluarga. Berbagai tempat wisata alam sampai taman rekreasi dengan aneka wahana menantang tersedia di Bogor.

Kebun Raya Bogor, Hutan Cifor dan Curug Putri barulah segelintir tempat wisata alam di Bogor. Kalau ada banyak waktu yang tersedia untuk liburan, masih banyak tempat wisata alam lainnya yang bisa dieksplor.

Untuk urusan wisata kuliner, Bogor ini bagaikan surga. Banyak makanan lezat seperti laksa, toge goreng, bakso setan, pie apel, asinan dan lain sebagainya bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Kafe dengan menu dan konsep yang unik juga terus bertambah di Kota Hujan.

20. Bandung

Bandung di Jawa Barat dikenal sebagai kota kreatif dengan udara sejuk. Rasanya tidak ada kata bosan untuk liburan ke Bandung. Traveler yang doyan wisata alam, seni, belanja dan kuliner bisa liburan maksimal di Bandung.

Untuk wisata alamnya, ada Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih atau Kebun Begonia. Kalau mau nongkrong dan belanja, traveler bisa datang ke kawasan Dago. Factory outlet dengan banyak berkualitas berjejer di sana.

Mau punya foto keren buat diunggah di media sosial? Bandung punya banyak taman yang cocok untuk nongkrong sekaligus foto-foto. Ada Alun-alun di depan Masjid Raya Bandung, Taman film, Taman Musik Centrum hingga Taman Jomblo.

21. Cirebon

Di pesisir Pantura wilayah Jawa Barat, ada Cirebon dengan destinasi wisata yang beragam. Cirebon pun mudah diakses dari Jakarta dan sekitarnya dengan mobil pribadi, bus maupun kereta. Apalagi sekarang sudah ada Tol Cipali yang mempermudah akses wisatawan ke Cirebon.

Kota Udang ini menawarkan berbagai jenis tempat wisata. Mau wisata religi, sejarah, belanja batik, kuliner dan budaya, semua tersedia di Cirebon. Untuk wisata religi misalnya, traveler bisa mampir ke Masjid Agung Cipta Rasa yang dibangun oleh Wali Songo di abad ke-15.

Kalau mau wisata kuliner, jangan lewatkan nasi jamblang, empal gentong, nasi lengko dan tahu gejrot yang terkenal nikmat. Ada juga sirup Tjampolay yang manis segar untuk jadi oleh-oleh usai liburan seru di Cirebon.

22. Semarang

Semarang merupakan salah satu destinasi liburan populer di Jawa Tengah. Kota yang juga dijuluki sebagai 'Little Netherland' ini menawarkan aneka destinasi yang membuat liburan semakin seru.

Bangunan kuno yang masih berdiri di berbagai sudut kota menjadi daya tarik bagi wisatawan. Berbagai tempat bernuansa kuno seperti Lawang Sewu dan Kota Lama pun seringkali ramai oleh pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri. Bangunan keren seperti Masjid Agung Semarang juga menawarkan pengalaman wisata religi yang tak terlupakan.

Kuliner di Semarang pun siap menggoyang lidah wisatawan. Tahu gimbal, tahu pong, tahu petis, bandeng presto dan lain sebagainya, bisa didapat di berbagai pusat kuliner dengan harga yang ramah di kantong.

23. Solo

Solo punya slogan Spirit of Java. Destinasi ini menegaskan dirinya sebagai jantung dari wisata budaya Jawa. Di sana wisatawan akan dimanjakan dengan pesona budaya, sejarah, kuliner, belanja dan alam.

Wisatawan bisa berburu batik di kota asal Presiden Jokowi ini, pada beberapa pasar yang tersedia. Jangan lupa mampir ke Keraton Surakarta untuk menikmati pesona wisata warisan sejarah.

Manjakan lidah kita dengan aneka pilihan kuliner, ada sate buntel, gule goreng, bakso, timlo, bebek goreng. Nyamm! Bergeser sedikit keluar kota, ada banyak wisata alam di Karanganyar seperti Air Terjun Grojogan Sewu yang segar.

24. Magelang

Magelang adalah rumah bagi landmark paling top Indonesia, yaitu Candi Borobudur. Wisatawan dari dalam dan luar negeri berbondong-bondong untuk datang. Mungkin termasuk Anda yang ingin mencari ide liburan akhir tahun.

Tidak bisa dipungkiri memang, Candi Borobudur adalah daya tarik utama di Magelang. Namun sebagai kota wisata, Magelang masih punya beberapa hal lain.

Resor MesaStila misalnya, menawarkan paket agro wisata kopi. Wisatawan bisa diajak tur ke perkebunan kopi dan tentunya menikmati kopi yang baru diolah dengan segar.

25. Yogyakarta

Yogyakarta tidak bisa dilewatkan sebagai kota tujuan liburan semua orang. Seperti yang orang lokal, Yogyakarta memang istimewa. Kita mau apa, Yogyakarta punya. Wisata keraton, belanja di Malioboro, borong batik di Pasar Beringharjo, sampai menikmati nuansa bangunan kolonial dan benteng tua.

Yogyakarta juga punya sejumlah candi untuk kita kunjungi termasuk Prambananan. Mau bicara kuliner, Yogyakarta jagonya, mulai dari angkringan dan kopi joss, sampai gudeg nan lezat. Dari kaki lima, sampai restoran bergaya seni bisa kita pilih sesuai bujet.

Yogyakarta adalah tempat yang sempurna dimana inovasi bisa berpadu sempurna dengan budaya. Yang paling baru, atraksi panahan Jemparingan yang merupakan tradisi prajurit keraton, kini menjadi kegiatan seru yang lagi tren di kalangan komunitas dan wisatawan.

26. Gunungkidul

Kabupaten yang sedang naik daun di Provinsi DI Yogyakarta adalah Gunungkidul. Gunungkidul diberkahi dengan 20-an pantai yang cantik menawan, belum lagi wisata alam lainnya seperti gua dan juga wisata kuliner ekstrem yaitu belalang goreng yang bikin penasaran.

Setiap akhir pekan, wisatawan dari berbagai kota membanjir datang, mungkin Anda juga perlu ikutan. Tinggal pilih mau pantai yang ramai, sepi, berhias karang, ombaknya kecil, besar, yang ada air terjunnya, atau yang ekstrem dengan gondola menyeberangi karang yang menguji nyali.

Wow! Begitulah keberagaman karakter wisata pantai di kabupaten ini. Siapa sangka, dulu Gunungkidul imejnya adalah daerah kekeringan. Namun nyatanya, tempat ini menyimpan surga.

27. Malang

Inilah eskapisme terkenal di Jawa Timur. Kota Malang menawarkan berbagai pilihan destinasi untuk dinikmati wisatawan. Mulai dari kota yang adem dengan berbagai gedung kolonial, museum, warisan kuliner sampai pesisir pantainya.

Kuliner bakso Malangnya tidak bisa dilewatkan dan pilih gerai mana yang cocok dengan selera. Keripik apel dan aneka buah lainnya tidak pernah bosan dijadikan oleh-oleh. Nongkrong bareng bersama warga di sejumlah tamannya juga asyik lho!

Malang juga tidak bisa dilepaskan dari Kota Batu yang bertetangga. Aneka taman rekreasi keren seperti Jatim Park 2 menyediakan wisata all in mulai dari kebun binatang Batu Secret Zoo sampai Museum Satwa. Belum lagi taman rekreasi lain macam Batu Night Spectacular.

28. Surabaya

Surabaya, kota paling besar di Jawa Timur ini tidak hanya larut dalam hiruk pikuk dunia bisnis saja, pariwisata juga adalah yang membuat kota ini ramai. Saat masih di bawah kepemimpinan Walikota Risma, berbagai taman kota diperbaiki dan hasilnya kini bisa dinikmati warga dan wisatawan.

Surabaya juga menyimpang berbagai destinasi wisata sejarah dari Monumen Kapal Selam sampai Tugu Pahlawan untuk memperingati peristiwa 10 November. Untuk yang doyan belanja ada banyak mal keren untuk didatangi, atau bisa juga mengagumi infrastruktur macam Jembatan Suramadu.

Aneka kuliner yang ditawarkan Kota Pahlawan ini juga tidak bisa dilewatkan. Sementara wisata alam seperti hutan mangrove Wonorejo atau pantai seperti Kenjeran juga selalu ramai wisatawan.



29. Banyuwangi

Primadona wisata baru di Jawa Timur adalah Banyuwangi. Namanya melesat ke puncak daftar tujuan wisata dalam 3 tahun terakhir ini. Upaya keras bupati dan jajaran pemda sepertinya tidak sia-sia.

Banyuwangi adalah kabupaten yang besar dan memberikan banyak pilihan untuk wisatawan mau pergi ke mana. Di tengah kota ada berbagai taman cantik dan Pantai Boom. Penggemar wisata kuliner bisa menikmati banyak pilihan dari nasi tempong yang pedas sampai kopi osing nan legit.

Namun bicara wisata alam, Banyuwangi juga juara. Agak ke selatan ada Pantai Pulau Merah yang belakangan jadi destinasi surfing. Ini adalah pilihan baru setelah memiliki G-Land di Taman Nasional Alas Purwo. Sementara untuk pendaki gunung ada Gunung Ijen dan kawahnya yang punya api biru nan langka.

30. Badung (Kuta)

Bali identik dengan Pantai Kuta dan Legian. Nah, kawasan itulah yang masuk dalam Kabupaten Badung. Kabupaten ini menyimpan banyak destinasi terkenal dari Bali seperti Taman Garuda Wisnu Kencana, Legian, hingga Pura Uluwatu.

Pantai Kuta hingga Seminyak juga jadi destinasi tak pernah sepi pengunjung. Dari alamnya yang cantik, sampai pertokoan dan tempat nongkrong yang sedang ramai.

Hampir dua pertiga dari kawasan Badung masih ramai hingga tengah malam. Legian jadi pusat keramaian, apalagi akhir pekan. Tak heran kabupaten ini selalu masuk dalam itinerary kan!

31. Ubud

Masih di Bali, kali ini Ubud. Kota tenang di dataran tinggi sangat cocok bagi traveler yang ingin menikmati Pulau Dewata dari sisi yang lain. Jauh dari hiruk pikuk dan segala polusi.

Kota ini identik dengan pemandangan sawah yang hijau dan udara yang sejuk. Museum dan rumah seni tersebar di penjuru kota. Tinggal pilih mau datang ke mana.

Di sini juga jadi pusatnya wisata retreat. Hotel dan resort yang ramah lingkungan dan hijau berdiri berpadu dengan alam. Cara paling asyik keliling kota ini? Dengan sepeda tentunya!

32. Lombok

Bertetangga dengan Bali, ada Lombok yang jadi mutiara dari Nusa Tenggara Barat. Pantai cantik, gunung indah hingga budaya yang kaya, hidup sejahtera di sini.

Gili atau yang berarti pulau-pulau kecil pun semakin banyak terungkap kecantikannya. Mulai dari 3 Gili yang legendaris, sampai gili yang masih kosong dan terlihat lebih eksotis.

Kuliner di daerah ini identik dengan cabai alias pedas. Jadi, siapkan lidah dan air minum jika ingin menjajal kangkung plecing atau ayam taliwang yang lezat itu.

Demikian sekilas diinformasikan, untuk kota ke 33 dan seterusnya akan POINTRIS lansir di Pos berikutnya. Nex--->
MAU DAPAT Rp 50 JT PRE BULAN
Hosting Unlimited Indonesia