Kota Tempat Liburan

POINTRIPS PELUANG BISNIS TERBARU, 50 Kota tempat Liburan di Indonesia dan layak anda kunjungi, diantaranya ;

Dibagian pertama POINTRIPS akan memberikan sekilas info 15 kota dari 50 kota dimana kota yang POINTRIPS uarikan berada didaerah kepulau sumatra dan sekitarnya.

1. Sabang

Sebagai kota yang berada di ujung Barat Indonesia, Sabang di Pulau Weh dikenal sebagai awal Negara Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan Titik Nol Kilometer yang sangat simbolik. Di mana traveler yang datang ke sana dapat meminta sertifikat sebagai bukti pernah mampir.

Namun selain Titik Nol Kilometer, Sabang juga terkenal akan pesona pantainya yang indah. Salah satu yang menjadi destinasi favorit wisatawan dalam dan luar negeri adalah Pantai Iboih. Pasir putih dan laut yang bening menjadi ciri khas pantainya.

Sedangkan bagi Anda yang menggemari diving, keindahan bawah laut Sabang juga tidak boleh dilewatkan. Di Sabang juga sudah tersedia dive center yang dapat memfasilitasi keinginan Anda. Kota Sabang juga begitu tenang dan damai. Cocok untuk santai.

2. Banda Aceh

Banda Aceh merupakan salah satu kota yang paling ramai dan semarak di Aceh. Terbukti dari banyaknya destinasi wisata seperti Museum Tsunami, pantai, hingga Masjid Raya Baiturrahman yang selamat dari tragedi Tsunami tahun 2004 silam.

Tapi tidak hanya tempat wisata, Banda Aceh merupakan gudangnya makanan enak. Beberapa yang menjadi unggulan adalah Mie Aceh, sate matang, nasi kuning, hingga ayam tangkap yang legendaris. Pecinta kuliner tentu akan sangat dimanjakan di sini.

Banda Aceh menerapkan hukum syariat Islam. Sebagai pendatang, baiknya traveler menaati aturan yang ada dan berlaku sopan seperti sewajarnya. Lagipula berlaku sopan akan membuat Anda lebih diterima dan dihargai.


3. Medan

Horas! Traveler manapun tentu tahu akan kata sapaan yang berasal dari Kota Medan. Tidak hanya terkenal akan orangnya yang tegas dan bersuara lantang, Medan punya banyak objek wisata hingga kuliner sedap.

Dari segi objek wisata, Medan punya banyak bangunan tua bersejarah yang dapat dikunjungi. Misalnya saja rumah juragan Tiongkok Tjong a Fie yang masih dirawat, hingga Masjid Raya Medan yang merupakan salah satu kebanggan Medan.

Jangan lupa juga mencoba kuliner berbau durian, hingga bawa pulang oleh-oleh Bolu Meranti yang populer. Datang ke Medan, dijamin mata puas dan perut senang.


4. Toba Samosir

Sebagai daerah yang menjadi lokasi dari Danau Toba, Toba Samosir memang sangat terkenal di kalangan traveler. Siapa pun yang melihat Danau Toba, dijamin akan terhipnosis oleh keindahannya yang sangat mempesona.

Traveleler juga bisa banyak belajar akan budaya Batak yang begitu kaya di museum yang ada. Selain itu traveler juga bisa melihat keindahan Danau Toba secara langsung melalui perahu sewaan yang banyak dijumpai.


5. Berastagi, Karo

Berastagi, pusat keramaian Kabupaten Karo di Sumatera Utara terkenal sejuk dan berhawa dingin. Namun selain dingin, Berastagi juga memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh traveler. Mulai dari destinasi buatan sampai alam, semua ada di Berastagi.

Beberapa destinasi wisata yang terkenal adalah pemandian air panas belerang Lau Sidebuk-debuk yang ada di kaki Gunung Sibayak, taman bermain Mikie Funland yang menyerupai Dufan, hingga Pagoda Lumbini yang menyerupai di Myanmar.

Sedangkan dari segi budaya, Berastagi didominasi oleh orang Batak Karo. Di Desa Lingga di Brastagi, traveler dapat belajar budaya Batak Karo sampai melihat rumah adat mereka yang berusia ratusan tahun. Keren kan!


6. Padang

Padang identik dengan kulinernya yang pedas dan menggoyang lidah. Tapi tidak hanya kuliner nikmat, Padang juga punya sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi traveler pecinta pantai, bisa main ke Pantai Nirwana hingga Air Manis yang terkenal dengan batu Malin Kundang. Jika suka alam, bisa mampir ke Air Terjun Tiga Tingkat yang hijau dan mempesona.

Selain itu Padang juga punya sejumlah landmark seperti Jembatan Siti Nurbaya yang ikonik, hingga Miniatur Makkah di daerah Lubuk Minturum. Banyak tempat menarik.

7. Bukittinggi

Kota Bukittinggi yang terkenal dengan Jam Gadang-nya merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Barat. Bukan hanya besar, sejumlah objek wisata alam hingga sejarah dan budaya juga dapat dijumpai di sini.

Objek wisata keren yang ada di Bukittingi adalah Lembah Anai yang berbatasan dengan Padang. Menyimpan flora dan fauna, traveler juga dapat menemukan air terjun hingga hutan lindung yang hijau. Selain itu juga ada Ngarai Sianok yang membentang luas.

Kemudian terdapat juga Lobang Jepang yang merupakan bunker peninggalan yang terkenal mistis dan angker. Lalu juga ada Bneteng Fort de Kock yang merupakan peninggalan Belanda, hingga Museum Rumah Adat Baanjuang yang memiliki bentuk rumah adat khas Minang dan sejumlah miniatur serta aksesori.


8. Palembang

Lupakan dulu kabut asap yang melanda sebagian kota di Sumatera. Kota Palembang, sejatinya bisa jadi tempat liburan yang sangat menyenangkan. Destinasi wisata alam, budaya sampai kulinernya lengkap!

Kamu bisa mengarungi Sungai Musi yang berada di jantung kotanya. Naiklah ke atas perahu getek, untuk melihat kemegahan Jembatan Ampera sekaligus datang ke Pulau Kamoro yang punya pagoda dan legenda kisah cinta yang tragis. Malam hari, Jembatan Ampera pun terlihat cantik.

Masih di Kota Palembang, Bukit Siguntang yang lokasinya agak tinggi merupakan tempat yang tepat untuk bersantai. Penuh udara segar karena banyak pepohonan, sekaligus di sana adalah tempatnya makam raja-raja Sriwijaya. Soal kuliner, coba cicipi aneka pempek dari berbagai rumah makan di sana yang dijamin bakal menggoyang lidah!


9. Bengkulu

Kota Bengkulu mungkin belum sepamor Padang atau Palembang. Jangan salah, kota ini disebut-sebut kota kecil yang indah karena banyak tempat wisata yang cukup mudah dijangkau dari pusat kotanya.

Sekitar 20 menit dari Kota Bengkulu, terdapat Pantai Panjang yang unik. Dari namanya saja sudah ketahuan, pantainya punya hamparan pasir putih yang memanjang sekitar 7 km. Asyik banget!

Soal sejarah, mampirlah ke Rumah Pengasingan Bung Karno dan Benteng Marlborough, benteng yang unik karena bentuknya seperti kura-kura. 6 Km dari pusat Kota Bengkulu ada Danau Dendam Tak Sudah yang menyuguhkan panorama alam nan menawan.

10. Jambi

Liburan ke Jambi, ada apa saja sih? Catat nih, setidaknya terdapat enam destinasi di sekitar kotanya yang asyik untuk dikunjungi. Pertama adalah Taman Mini Kota Jambi yang memiliki replika rumah-rumah adat Jambi. Cocok buat kamu yang doyan fotografi.

Empat kilometer dari pusat kota, terdapat Danau Sipin yang berbentuk oval dengan satu pulau di bagian tengahnya. Lalu, ada Hutan Kota yang menjadi tempat penyejuk pikiran karena suasananya yang alami. Terakhir, Sungai Batanghari, Seberang Kota dan Tanggo Rajo berada dalam satu kawasan yang masing-masing menarik untuk disambangi.

Terakhir, tahu tidak kalau Kota Jambi punya kembaran Monas yang bernama Tugu Monas Baru. Meski hanya berupa menara jam saja, tapi bagian atasnya terdapat kobaran api sama seperti yang ada di Jakarta. Ikonnya Kota Jambi nih!

11. Pekanbaru

Tak perlu jauh-jauh ke India, kamu bisa melihat masjid seperti Taj Mahal di Pekanbaru, Riau. Inilah Masjid An Nur yang mirip seperti Taj Mahal dengan kubah yang besar dan kolam di bagian depannya. Lokasinya ada di pusat kotanya.

Mau belanja di Kota Pekanbaru, datangi saja Pasar Bawah. Pasar ini dari luar tampak unik, karena merupakan perpadua budaya Melayu dan Tionghoa. Silakan berburu aneka camilan seperti lumpuk durian sampai dodol kedondong yang khas.

Pengen basah-basahan? Mari bermain air di Riau Fantasi. Suatu waterpark seluar 6,5 hektar dengan aneka wahana permainan air, seperti kolam seluncur dan ember raksasa yang tumpah dengan 3.000 liter air. Semoga asap cepat berlalu dari Pekanbaru, sehingga wisatawan bisa liburan lagi ke sana.

12. Batam

Kota Batam lebih dari sekadar tempat traveler untuk berbelanja gadget. Soal liburan, kota di Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki aneka destinasi wisata yang menarik.

Jembatan Barelang merupakan ikon dari Batam. Jembatan yang disebut-sebut Golden Gate-nya Indonesia ini membentang 2.264 meter dan menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Kamu bisa foto-foto dengan background jembatannya yang ciamik!

Dari Jembatan Barelang, silakan tancap gas menuju Kamp Vietnam. Tempat bersejarah yang merupakan tempat tinggal pengungsi dari Vietnam yang disebut manusia perahu pada puluhan tahun silam. Soal kuliner, aneka rumah makan di Kota Batam menyajikan makanan seafood yang menggoyang lidah. Kebanyakan berlokasi di pinggir pantai yang mana di seberangnya terlihat Singapura.

13. Bangka

Liburan ke Bangka, artinya jalan-jalan ke pantai. Setidaknya, ada 7 pantai yang cantik dan berlokasi tak jauh dari pusat kotanya di Pangkalpinang yang paling jauh hanya hitungan jam. Catat nih, nama-nama pantainya adalah Pantai Pasir Padi, Pantai Rambak, Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Teluk Limau, Pantai Romodong dan Pantai Penyusuk. Pasir pantai di sana putih dan halus!

Di Pangkalpinang terdapat Bangka Trade Center (BTC) sebagai tempat belanja oleh-oleh. Bagi yang suka foto-foto, datangi saja Kuil Kwan Tie Miaw yang usianya sudah ratusan tahun.

Terakhir, mari berkunjung ke Museum Timah. Inilah satu-satunya museum timah di Indonesia yang menyimpan beragam koleksi besar benda-benda terkait tambang timah. Nggak cukup sehari liburan ke Bangka.

14. Belitung

Sama dengan Bangka, Belitung pun memiliki pesona alam berupa pantai yang elok rupa. Pantai yang memiliki pasir putih nan halus, serta bebatuan granit yang ukurannya besar-besar!

Ada 5 pantai di sana yang wajib banget untuk kamu datangi. Pantai-pantainya yakni Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang , Pantai Nyiur Melambai dan Pantai Burung Mandi. Main-main ke pantai-pantainya bikin lupa daratan.

Museum Kata Andrea Hirata juga asyik untuk dikunjungi. Di sinilah, penulis Andrea Hirata mengajak wisatawan memasuki dunia 'Laskar Pelangi'. Terakhir, kalau ke Belitung belum sah kalau belum mencoba Mi Belitung Atep. Enak banget!

15. Bandar Lampung

Bandar Lampung berada di ujung selatan Pulau Sumatera. Ibukota Provinsi Lampung ini pun bisa dibilang sebagai gerbang utama menuju Pulau Sumatera. Untuk urusan pariwisata, tak kalah dari kota lainnya di Indonesia.

Dari wisata alam, kuliner, belanja, semua ada. Untuk wisata alam bersama keluarga, ada Taman Wisata Bumi Kedaton, Lembah Hijau, serta Taman Kupu-kupu Gita Persada. Bagi yang suka ke pantai, Banyak juga pilihannya seperti Pantai Puri Gading, Tirtayasa dan Duta Wisata.

Letak Bandar Lampung yang strategis juga mempermudah wisatawan untuk mengakses aneka tempat wisata di sekitarnya. Kalau mau ke Taman Nasional Way Kambas misalnya, traveler tinggal naik bus dari Terminal Rajabasa di Bandar Lampung. NEX



SAMPINGAN Rp 50 JT PER BULAN KLIK DISINI 


Hosting Unlimited Indonesia